Title

Work Abroad: Application and Experiences in Tech Industry

Image-empty-state_edited.png

“Bekerja di luar negeri merupakan hak bagi seluruh warga Indonesia. Hal ini tidak harus menjadi pilihan terakhir melainkan menunjukkan perkembangan ketenagakerjaan yang kompetitif,” kata M. Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Pada tahun 2016, terdapat 9 juta penduduk Indonesia yang bekerja di luar negeri. Studi menunjukkan bahwa warga Indonesia yang bekerja di luar negeri memiliki pendapatan 6-9 kali lipat lebih besar dibandingkan mereka yang bekerja di Indonesia (World Bank, 2017). Namun, terdapat kekhawatiran mengenai kualitas tenaga kerja di Indonesia sendiri. 64% warga Indonesia memiliki keinginan untuk bekerja di luar negeri demi kesempatan bekerja yang lebih baik, menantang diri sendiri, dan alasan-alasan lain. Hal ini mengindikasikan bahwa Indonesia mungkin akan mengalami kekurangan tenaga kerja pada beberapa tahun ke depan (BCG Indonesia, 2015). Oleh karena itu, pilihan dan keputusan seseorang untuk bekerja di luar negeri perlu melalui berbagai pertimbangan.
Digitalent Accelerator powered by MatchandWork merupakan startup yang fokus pada pencapaian SDG 4: Quality Education dan SDG 8: Decent Work and Economic Growth di Indonesia. Dengan demikian, kami menyelenggarakan webinar ini untuk membantu warga Indonesia khususnya pemuda mengambil keputusan yang tepat baik bagi dirinya sendiri maupun bagi Negara.

Background

-Sebagai platform diskusi untuk berbagi pengalaman dalam proses seleksi maupun pengalaman bekerja di Industri Teknologi di luar negeri.
-Meningkatkan kesadaran peserta mengenai pentingnya menguasai skills tertentu untuk persiapan karir di luar negeri

Objectives

1. Andika Kurniantoro - Sr. DevOps Engineer at Illumnia Singapore
2. Johanes Cristanto - Fullstack Engineer at Grab Singapore

Speaker

Nadya Permata (Digitalent Ambassador at Digitalent Accelerator)

Moderator

Topics